Agenda Rutin Bulanan: Bawaslu Grobogan Adakan Peningkatan Kapasitas SDM

0
40

Grobogan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan mengadakan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di ruang aula, (Senin 31 Mei 2021). Kegiatan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali sejak Maret 2021.

Acara ini dihadiri oleh Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP), serta Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Grobogan.

Tema kali ini membahas mengenai pola klasifikasi arsip dan tata naskah dinas di lingkungan Bawaslu Kabupaten Grobogan. Klasifikasi arsip yang dimaksud, yaitu mengenai kode klasifikasi ketika membuat surat, laporan ataupun naskah dinas lainnya serta bagaimana pengarsipannya. Hal tersebut guna penyesuaian terhadap Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) tentang Klasifikasi Arsip terbaru, yaitu Perbawaslu Nomor 11 Tahun 2020.

Pembahasan lainnya, yakni mengenai tata naskah dinas yang diatur dalam Perbawaslu Nomor 13 Tahun 2020. Selain itu, juga mengupas tentang apa saja kendala maupun kesalahan yang sering terjadi pada saat penulisan. Sebagai contoh, kesalahan yang sering terjadi pada saat penulisan adalah sering typo atau salah dalam penulisan. Sebab itu, pada saat penulisan naskah dinas agar dibaca berulang-ulang terlebih dahulu baru sebelum diprint.

“Semoga hasil dari diskusi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan dapat ditindaklanjuti dalam pekerjaan sehari-hari,” tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti.

Peningkatan kapasitas SDM ini bertujuan untuk berdiskusi maupun saling bertukar pikiran. Hasil diskusi diharapkan agar menjadi evaluasi terhadap kinerja selama ini serta untuk memperbaiki kinerja selanjutnya.

Selain itu, melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM ini bertujuan untuk menambah wawasan maupun pengetahuan bagi seluruh komponen di Bawaslu Kabupaten Grobogan.

Sebagai informasi, sebelumnya pada Juli 2020 kegiatan rutin bulanan ini pernah berlangsung. Namun, karena padatnya pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan, maka kegiatan ini diberhentikan sementara.

Penulis: Betari Maulida
Editor: Syahirul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here