Bawaslu Kembali Buka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

0
14

Grobogan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bergabung dalam Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP). Pendaftaran ini sudah dimulai sejak tanggal 24 Mei dan akan berakhir 28 Mei 2021.

SKPP merupakan salah satu program dalam Pusat Pendidikan Pengawasan Partisipatif yang digagas Bawaslu untuk membentuk kader-kader yang siap menjadi mitra Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, agar dapat pula menularkan semangat pengawasan Pemilu di lingkungannya.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Solihatun mengatakan, pada tahun 2021 ini Bawaslu kembali membuka SKPP secara tatap muka.

“Tahun 2021 program SKPP diadopsi langsung dari program Bappenas. Pada tahun 2021 kami juga membuka rekrutmen pendaftaran calon siswa SKPP. Ada perbedaan SKPP di tahun 2020 dengan 2021. Jika tahun kemarin diadakan secara daring, tahun ini kita laksanakan secara langsung atau tatap muka,” tuturnya.

Pada tahun 2021 ini terdapat 18 Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah yang mendapatkan kuota SKPP, di antaranya adalah Kabupaten Kudus, Demak, Batang, Jepara, Cilacap, Kendal, Sragen, Pati, Blora, Banyumas, Brebes, Magelang, Wonosobo, Purworejo, Klaten, Rembang, Kota Semarang dan Kota Surakarta.

Sampai dengan tanggal 26 Mei 2021 sudah ada 1.353 pendaftar dari 18 Kabupaten/Kota tersebut. Bagi yang lolos seleksi akan mengikuti pendidikan selama 15 hari dengan program pendidikan dasar, menengah dan lanjutan.

Adapun Persyaratan, ketentuan, daerah yang menyelenggarakan, cara pendaftaran, dan formulir pendaftaran dapat diakses melalui laman http://skpp.bawaslu.go.id/registrasi.

Sebagai informasi, pemateri, pengajar atau narasumber SKPP berasal dari para ahli dan penggiat Pemilu yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam kegiatan dan pemantauan Pemilu.

Penulis: Alif Lathifah
Editor: Syahirul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here