Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kabupaten Grobogan Ikuti Bimbingan Teknis

Grobogan - Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Grobogan, Moh. Syahirul Alim mengikuti Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu yang digelar Bawaslu Provinsi Jawa Tengah di Hotel Patra, Kota Semarang, Selasa-Rabu (22-23 November 2022).

Bimbingan teknis ini diikuti Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa bersama satu orang staf dari Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Achmad Husain menerangkan, kegiatan ini guna mengetahui secara teknis tata cara penyelesaian sengketa proses pemilu berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 9 Tahun 2022.

"Bimbingan teknis ini akan diberikan materi dari Bawaslu RI. Bapak dan ibu harus konsentrasi dalam menyelesaikan sengketa," katanya ketika membuka acara mewakili Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Heru Cahyono menjelaskan, tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik sangat berpotensi terjadi sengketa proses pemilu.

"Hasil pengawasan yang dituangkan dalam Form A akan sangat berguna jika ada permohonan penyelesaian sengketa," jelasnya.

Dalam kegiatan ini dibahas secara jelas dan tuntas tentang Perbawaslu Nomor 9 Tahun 2022 oleh Tenaga Ahli Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI.

Moh. Syahirul Alim dan staf mengikuti Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, Selasa-Rabu (22-23 November 2022).

Bimbingan teknis yang berlangsung dua hari juga diisi Dosen Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang, Dr. Edi Pranoto, SH, M. Hum. Dosen Fakultas Hukum tersebut menyampaikan tentang penyelesaian sengketa di luar pengadilan atau Alternative Dispute Resolution (ADR).

Metode penulisan notulen dan risalah pada penyelesaian sengketa proses pemilu turut dijelaskan pula oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Prof. Dr. Muhammad Fauzan, SH, M. Hum. (HPS)

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita