Lompat ke isi utama

Berita

Awal Tahun Bawaslu Gelar Rapat Pembahasan Perencanaan Program Tingkat Kecamatan

Awal Tahun Bawaslu Gelar Rapat Pembahasan Perencanaan Program Tingkat Kecamatan

Fitria Nita Witanti (Ketua) Bawaslu Grobogan saat memberikan sambutan kepada peserta

Purwodadi - Bawaslu Grobogan menyelenggarakan rapat pembahasan perencanaan program anggaran pengawasan pemilu, Senin (15/1/2024). Kegiatan tersebut dilangsungkan di Grand Master Hotel Purwodadi dengan menghadirkan Ketua Panwaslu Kecamatan se- Grobogan.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Grobogan, Edy Purwanto dalam sambutannya menyampaikan di awal tahun 2024, Panwaslu Grobogan agar mempersiapkan perencanaan program dan anggaran.

“Hari ini kami undang Ketua Panwaslu Kecamatan se-Grobogan agar dapat menyamakan persepsi terkait agenda yang akan kita laksanakan. Harapannya teman-teman sudah siap semoga ke depan lebih baik lagi. Terkait dengan agenda terdekat kali ini adalah Pelantikan Pengawas TPS dan pelatihan saksi di tingkat kecamatan. Silakan nanti dapat menyesuaikan,” jelas Edy.

Selanjutnya, anggota Bawaslu Grobogan Moh. Syahirul Alim dalam arahannya menyampaikan beberapa hal terkait dengan tahapan pemilu yang sedang berjalan.

“Kita pahami bersama bahwa kampanye menjadi salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis. Tentu beberapa potensi sudah kita petakan. Dari segi dugaan pelanggaran dan yang berkaitan dengan sengketa.  Silakan nanti bisa dibaca lagi Undang-Undang 7 tahun 2017, yang membahas mengenai kampanye. Pasal 304, terkait fasilitas milik negara yang tidak dapat digunakan untuk kampanye,” jelas Irul.

irul (anggota) Bawaslu Grobogan
Moh. Syahrul Alim (Anggota) Bawaslu Grobogan saat memaparkan materi kepada peserta

Sementara itu, Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti dalam pembukaannya menyampaikan agar Panwaslu Kecamatan membuat perencanaan program dan anggaran.

“Mengingat ini awal tahun, tentu berkaitan dengan perencanaan dan anggaran perlu kita buat. Saya kira teman-taman sudah berpengalaman. Usia teman-teman sudah satu tahun lebih 3 bulan.

Mengingat ini awal tahun. Karena di awal tahun berkaitan dengan perencanaan dan anggaran. Khusus dengan perencanaan program dan anggaran. Perencanaan jangka panjang dalam kurun waktu 2024, segera dapat dibuat khususnya perencanaan basis tahapan,” tutur Fitria.

Selanjutnya narasumber yang dihadirkan dalam giat tersebut adalah Kepala Bidang Administrasi dan Anggaran dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Grobogan, Wahyono.

Ia menjelaskan terkait dana hibah yang telah disampaikan ke penyelenggara di Grobogan. Baik Bawaslu maupun KPU.

peserta Rapat Pembahasan Perencanaan Program Tingkat Kecamatan
Peserta yang hadir dalam kegiatan Rapat Pembahasan Perencanaan Program Tingkat Kecamatan

Penulis : Alif