Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Awasi Proses Klarifikasi Tanggapan Masyarakat Keanggotaan Partai Politik

Purwodadi - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan melakukan pengawasan langsung proses klarifikasi tanggapan masyarakat dalam pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024, Senin (10/10/2022). Klarifikasi tersebut dilaksanakan di aula KPU Kabupaten Grobogan.

Pada klarifikasi tanggapan masyarakat tersebut, Bawaslu Grobogan hadir untuk memastikan kegiatan klarifikasi sesuai dengan tata cara, prosedur, dan mekanisme yang telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk nama-nama atau warga masyarakat yang yang melaporkan ke Bawaslu Grobogan melalui link aduan.

Ada 30 orang terundang dalam klarifikasi tersebut. mereka adalah warga masyarakat yang telah memberikan tanggapan/masukan baik ke Bawaslu maupun ke KPU Grobogan langsung. Selain itu, 13 partai politik terlapor juga dihadirkan.

Kordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Grobogan, Moh. Syahirul Alim beserta staf melakukan pengawasan langsung. Ia menjelaskan kalau pihaknya mengawasi jalannya klarifikasi yang dilakukan oleh KPU Grobogan.

“Ada 30 nama yang diundang KPU Grobogan untuk dilakukan klarifikasi. 12 di antaranya masuk link aduan Bawaslu Grobogan. Dari 12 nama tersebut tujuh orang hadir secara langsung, dan satu orang diklarifikasi melalui video call,”terangnya.

Sebelumnya KPU Kabupaten Grobogan telah melakukan karifikasi termin pertama tanggal 11 September 2022. Ada 20 nama yang dilakukan klarifikasi saat itu.

Sebagai upaya pencegahan, Bawaslu Grobogan telah mengirimkan saran perbaikan di tanggal 3 Oktober 2022 mengenai masukan/aduan/tanggapan masyarakat mengenai keanggotaan partai politik melalui link https://bit.ly/LaporMaslugan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Bawaslu Grobogan, empat nama yang belum dapat hadir pada klarifikasi tersebut akan diundang kembali pada klarifikasi termin ketiga 15 Oktober hingga 9 November 2022.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita