Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Grobogan Ajak Masyarakat Marginal Awasi Pemilu 2024

-

Peserta saat memperhatikan materi yang disampaikan oleh Bawaslu grobogan

Purwodadi - Bawaslu Grobogan terus melakukan pencegahan, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan mengajak kelompok Marginal untuk awasi pemilu, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarkan di sekretariat Forum Komunitas Difabel Grobogan di Desa Gundi, Godong, dengan diikuti oleh masyarakat kelompok marginal dan disabilitas.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti, mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Gundi yang telah menerima dengan baik Bawaslu Grobogan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga Desa Gundi Kecamatan Godong sebagai tuan rumah yang telah memberikan ruang untuk kita bersama-sama memberikan sosialisasi terkait dengan Pemilu 2024. Kami juga mengajak seluruh warga yang tergabung dalam acara ini, untuk bersama-sama mengawal Pemilu 2024. Nanti kalau ada pelanggaran pemilu langsung sampaikan laporan ke Bawaslu nggih..? BERANI kan Ibu/Bapak..???", jelas Fitria

Sontak seluruh warga menjawab dengan lantang BERANI.

Selanjutnya Anggota Bawaslu Grobogan, Desi Ari Hartanta juga menjelaskan singkat terkait dengan penanganan pelanggaran.

"Jadi Ibu/Bapak tidak perlu khawatir, jika ada pelanggaran Pemilu langsung sampaikan laporan ke Bawaslu. Untuk identitas pelapor aman," jelas Ari.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh petugas kepolisian dari Polres Grobogan.

Di akhir acara, Anggota Bawaslu Grobogan, Amal Nur Ngazis menjelaskan bagaimana menciptakan Pemilu yang Inklusif.

"Ada hak-hak difabel dalam Pemilu yang perlu kita ketahui. Ada hak untuk didaftar sebagai pemilih, hak atas informasi tentang pemilu, hak atas TPS yang aksesibel, hak atas pemberian suara yang rahasia, hak mencalonkan diri dan dipilih jadi anggota legislatif, presiden dan wapres, serta kepala daerah di provinsi kabupaten/kota dan hak jadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan. Untuk itu, ayo bersama-sama teman-teman disabilitas untuk mewujudkan hal-hal itu semua," jelas  Amal.

-
foto bersama dengan peserta

Penulis : Alif