Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Grobogan Persiapkan Video Simulasi Penyelesaian Sengketa Tingkat Kecamatan

Purwodadi - Bawaslu Grobogan mengundang Panwaslu Kecamatan yang membidangi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa dalam acara Rapat Kerja Teknis Penyelesaian Sengketa Antarpeserta Pemilu (PSAP), Jumat (13/10/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di aula setempat guna menindaklanjuti Surat Edaran Bawaslu Nomor 46 tahun 2023 tentang Pembuatan dan Apresiasi Video Simulasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu.

Acara dibuka oleh Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Datin, D. Ari Hartanta. Ia menyampaikan tahapan pemilu 2024 yang terus beririsan membutuhkan sinergi antar pengawas sehingga seluruh pengawas harus selalu siap dan siaga.

"Telah kita ketahui bersama, tahapan Pemilu 2024 terus berjalan beririsan sama halnya dengan beberapa tugas. Untuk itu, kita harus berbagi tugas dan selalu siap apalagi saat ini tahapan pencalonan sudah hampir selesai, 3 November 2023 nanti penetapan Daftar Calon Tetap, selanjutnya 27 November 2023 kampanye akan dimulai," jelas Ari.

Maka dari itu, silakan teman-teman terus melakukan pencegahan dan pencegahan karena saat ini rezimnya adalah pencegahan.

"Berulangkali kami sampaikan di tahapan yang sedang berjalan ini yang dapat dilakukan adalah sosialisasi. Ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dari kita. Intinya kita melakukan pencegahan di wilayah masing-masing," Imbuh Ari.

Selanjutnya, Kordiv. Hukum dan Penyelesaiang Sengketa Moh. Syahirul Alim menjelaskan mengenai teknis pembuatan video simulasi penyelesaian sengketa.

"Seperti yang sudah disampaikan melalui grup whatsapp kemarin, bahwasanya saat ini sudah ada Surat Edaran nomor 46 tahun 2023. Sehingga kita harus segera menyiapkan segala yang dibutuhkan dalam pembuatan video ini," jelas Irul.

"Kemarin Bawaslu Grobogan juga sudah melakukan pengambilan video untuk simulasi penyelesaian sengketa. Saat ini sudah masuk editing, karena deadlinenya tanggal 24 Oktober 2023," tambah Irul.

Peserta Rapat Kerja Teknis Penyelesaian Sengketa Antarpeserta Pemilu, Jumat (13/10/2023).

Pada akhir sesi, Irul menjelaskan beberapa kiat saat pengambilan video simulasi penyelesaian sengketa tidak melebihi batas durasi yang telah ditetapkan.

Selain itu, beberapa kriteria penilaian dan apresiasi video simulasi juga dijelaskan dalam kesempatan ini. Mulai dari keorisinalitas kesesuaian video dengan beberapa ketentuan, kreatifitas dan kualitas gambmar dan keluaran suara dari video yang dibuat (baik resolusi dan kualitas suara).

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita