Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Grobogan Rangkul Pemilih Disabilitas dalam Penguatan Pemahaman Kepemiluan

Amal Nur ngazis saat (anggota) saat memaparkan materi kepada pemilih disabilitas

Komisioner Bawaslu Grobogan saat memaparkan materi kepada pemilih disabilitas

Purwodadi - Bawaslu Grobogan berikan pemahaman terkait kepemiluan, Selasa (16/1/2024). Kegiatan yang bersifat fasilitasi ini dilaksanakan di aula Bawaslu Grobogan.

Ada sekitar 15 orang dari Forum Komunikas Difabel Grobogan (FKDG) yang menghadiri acara tersebut.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti dalam pembukaannya menyampaikan Bawaslu Grobogan  rangkul pemilih disabilitas dalam penggunaan hak pilih pada Pemilu 2024.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan keberlanjutan bersama karena Bawaslu Grobogan sudah komitmen terhadap Pemilu inklusif. Kegiatan terus menerus berlanjut. Berkaitan dengan hari ini kami keterbatasan jumlah yang bisa dihadirkan saya kira Ibu/Bapak dapat mewakili semua,” jelas Fitria.

-

Sementara itu, Kordiv. Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Grobogan, Amal Nur Ngazis menyampaikan mengenai Disabilitas dan Pemilu 2024.

"Ada salah satu hak yang dimiliki oleh seorang disabilitas, salah satunya yaitu menjadi penyelenggara pemilu. Saya lihat tadi teman-teman FKDG sudah ada yang bergabung menjadi Pengawas TPS maupun KPPS. Itu berarti suatu hal yang luar biasa. Sehingga yang perlu kita tingkatkan lagi yaitu problem aksesibilitas dalam pemilu. Nanti kami akan komunikasikan dengan KPU Grobogan terkait dengan aksesibilitas, seperti belum adanya kursi roda di TPS, untuk memudahkan akses pemilih disabilitas yang akan menggunakan hak suaranya," jelas Amal.

-

Penulis : Alif