Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Grobogan Resmikan Desa Anggaswangi Sebagai Desa Pengawasan

Grobogan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan menggelar launching Desa Pengawasan tahun 2021 di Desa Anggaswangi, Kecamatan Godong, Kamis (18/03/2021).

Acara yang bertema membangun masyarakat desa ini dilaksanakan di Balai Desa Anggaswangi dengan diikuti 20 peserta, terdiri dari Ketua RT/RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bagian (Kabag) Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Setyo Pramudi, Sekretaris Kecamatan Godong, Sudarta Kiswara, Wakil Kepolisian Sektor (Wakapolsek) Godong, Sunarto, dan Kepala Desa Anggaswangi, Sukoco.

Setyo Pramudi menegaskan bahwa pengembangan desa pengawasan merupakan salah satu program dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sehingga dapat menjadi komunikasi antara pengawas Pemilu dan masyakarat. Harapannya, masyarakat bisa melakukan pengawasan secara mandiri dan dapat berperan serta dalam mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu atau Pemilihan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti menuturkan, “Sesuai amanah Undang-Undang 7 Tahun 2017 Bawaslu kabupaten/kota memiliki kewajiban untuk mengajak masyarakat menjadi pengawas partisipatif. Desa Anggaswangi merupakan salah satu desa yang terpilih menjadi Desa Pengawasan, khususnya di Kecamatan Godong”, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Anggaswangi Sukoco mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Grobogan, yang mana telah memilih desa kami sebagai Desa Pengawasan Pemilu, yang tujuannya nanti bisa mengedukasi warga Desa Anggaswangi agar Pemilu yang jujur bisa terlaksana tanpa adanya money politik,” ucapnya.

Pada akhir acara ini dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Desa Pengawasan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan dan Kepala Desa Anggaswangi. Kemudian, dilanjutkan pemasangan papan nama Desa Pengawasan secara simbolis oleh Bawaslu Kabupaten Grobogan dan Kepala Desa Anggaswangi..

Penulis: Alif Lathifah
Editor: Syahirul

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita