Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Grobogan Samakan Persepsi Dalam Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Serta Evaluasi Coklit

Purwodadi - Dalam rangka pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih, Bawaslu Grobogan menggelar Rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih serta evaluasi coklit, Jumat (17/3/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bawaslu ini, menghadirkan ketua dan anggota yang membidangi hukum pencegahan, parmas dan humas Panwaslu Kecamatan se Grobogan.

Rakor mutarlih bertujuan untuk menyamakan persepsi Panwaslu Kecamatan dalam penyusunan daftar pemilih paska pencocokan dan penelitian.

Kordiv. Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Grobogan, Agus Purnama saat membuka acara menyampaikan tahapan penyusunan data pemilih memang dirasa tahapan yang cukup berat dibanding tahapan-tahapan lain.

“Saya berpesan, kita harus samakn persepsi dalam tahapan ini. Nanti akan ada penjelasan dari pak Sakta selaku Kordiv. Pencegahan dan Parmas dan Humas. Pada sesi ini kami meringankan tugas Ibu/Bapak, secara kesleuruhan kami berusaha memberikan pencerahan atau pemecahan mengenai apa-apa yang menjadi permasalahan di desa,” jelas Agus.

Selanjutnya Kordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Grobogan memberikan arahan terkait dengan tahapan pencalonan DPD.

“Tahapan terus berjalan, tahapan coklit yang telah berlangsung mulai 12 Februari 2023 s/d 14 Maret 2023. Sedangkan tahapan pencalonan dan DPD yang sedang berjalan saat ini adalah penyerahan dukungan pada verifikasi administrasi. Grobogan hanya ada satu yang menyerahkan dukungan di verifikasi administrasi yaitu Agus Mujayanto,” katanya.

Pada inti acara kordiv. Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Grobogan Sakta Abaway Sakan menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan saat pengawasan evaluasi coklit.

“Beberapa kendala di lapangan seperti adanya anggota TNI/Polri yang masih masuk data pemilih, kemudian hingga tanggal 14 Maret 2023 masih ada yang belum dicoklit. Penyandang disabilitas justru ada yang dicoklit bukan sebagai penyandang disabitas,” jelasnya.

“Terakhir mari kita kawal hak pilih, dengan beberapa upaya salah satunya melalui sosialisasi, patroli kawal hak pilih dan beberapa upaya lainnya,” imbuhnya. (2-p2h)

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita