Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Grobogan Ikuti Pelatihan Notulen dan Perisalah Sengketa

Grobogan - Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Grobogan, Moh. Syahirul Alim, bersama staf, Gilang Bagaskara, mengikuti rapat koordinasi wilayah Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah di Kantor Bawaslu Kota Tegal, Kamis-Jumat (30-31 Maret 2023).

Kegiatan tersebut diikuti Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa bersama satu orang staf dari 18 Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Heru Cahyono saat membuka acara menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota terkait notulen dan perisalah dalam adjudikasi penyelesaian sengketa.

"Bawaslu Jawa Tengah sudah sering simulasi mediasi dan adjudikasi. Simulasi notulen dan perisalah juga penting," jelasnya.

Majelis adjudikasi, lanjut Heru Cahyono, dibantu oleh panitia adjudikasi yang terdiri dari sekretaris, asisten majelis, notulen, dan perisalah.

"Kami ingin teman-teman, khususnya staf mempunyai ketrampilan yang mumpuni dalam penulisan notulen dan perisalah," katanya.

Selain pelatihan notulen dan perisalah, Heru Cahyono juga memberikan materi mengenai penyelesaian sengketa antarpeserta pemilu.

Jika terjadi sengketa antarpeserta pemilu, jelas dia, Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota atau Panwaslu Kecamatan menyelesaikan melalui penyelesaian dengan acara cepat.

Moh. Syahirul Alim, saat mengikuti Rapat Koordinasi Sengketa Proses Pemilu, Kamis (30/3/2023).

"Panwaslu Kecamatan dapat menyelesaikan sengketa antar-peserta pemilu dengan mandat dari Bawaslu Kabupaten/Kota," tegasnya.

"Mandat ditetapkan dengan surat keputusan Bawaslu Kabupaten/Kota setelah berkonsultasi kepada Bawaslu Provinsi," sambungnya.

Seperti diketahui, sengketa proses pemilu diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 9 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Umum. (Hps)

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita