Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Grobogan Launching Buku Sejarah Pemilu

Grobogan- Bawaslu Kabupaten Grobogan mengadakan launching sekaligus bedah buku Sejarah Pengawas Pemilu, Rabu (3/08/2022). Acara ini dilaksanakan di aula Bawaslu Kabupaten Grobogan.

Agenda tersebut bertemakan Empat Tahun Bawaslu Menuju Keadilan Pemilu. Sedangkan buku yang dilaunching Bawaslu Kabupaten Grobogan berjudul “Tapak Tilas Pengawas Pemilu di Bumi Ki Ageng Selo (2004-2023).

Sejumlah pelaku sejarah pengawas pemilu kabupaten dihadirkan pada giat ini. Selain itu, Bupati Grobogan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan stakeholder dari unsur Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta beberapa media juga menjadi tamu undangan.

Pembedah buku ada dari Anggota Bawaslu Kabupaten Grobogan (D. Ari Hartanta,SP), Asosiasi Guru Penulis Grobogan (Amin Hidayat, S.Pd., M.M), dan (AKBP (purn) Andi Wahyono, S.H., M.H.), yang merupakan salah satu pelaku sejarah panitia pengawas pemilu kabupaten (panwaskab) tahun 2008.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti, “Hari ini kita launching sekaligus bedah buku Tapak Tilas Pengawas Pemilu di Bumi ki Ageng Selo (2004-2023). Harapan kami semoga buku ini dapat menjadi torehan sejarah dan menjadi salah satu literasi kepemiluan di bumi Grobogan. Selain itu, hari ini juga kita akan nonton bersama film penanganan pelanggaran yang berjudul Telusur,” tuturnya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Amin Hidayat mengatakan pengawasan pemilu merupakan kehendak yang didasari perhatian luhur demi Pemilu berkualitas.

“Selamat ulang tahun ke-4 Bawaslu, semoga acara ini sebagai ikhtiar menuju pengawasan penyelenggaraan Pemilu di masa depan yang lebih baik,” ujar Bupati.

Buku sejarah pengawas pemilu milik Bawaslu Kabupaten Grobogan dibedah secara komprehensif oleh pembedah, baik dari segi isi, layout, desain hingga gaya penulisan.

Narasumber saat membedah buku Tapak Tilas Pengawas Pemilu Di Bumi Ki Ageng Selo (2004-2022), Rabu (3/08/2022).

Hal ini disampaikan oleh Amin Hidayat, S.Pd., M.M, “Kalau saya nilai buku ini penulisannya cantik, hemat kata, simple, padat, mudah dimengerti, namun demikian masih bisa dihematkan lagi dan dipadatkan lagi, hingga dengan jumlah halaman yang sama, bisa menampung lebih banyak materi.”

“Namun, kalau secara normatif Isinya cukup menarik, aktual, dan info tentang tapak Bawaslu ini sangat penting untuk edukasi masyarakat, Sistematika pembahasan runtut, isinya sahih (regulatif), bisa dipercaya,” tambahnya.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita