Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kembangkan Pengawas Partisipatif Melalui Saka Adhyasta Pemilu

Grobogan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan menggelar Pertemuan calon anggota Saka Adhyasta Pemilu, Rabu (2/02/2022). Acara ini digelar di aula Bawaslu, yang beralamatkan di Jl. Pierre Tendean Purwodadi.

Ada 15 siswa yang hadir dalam acara ini. Mereka berasal dari SMK Asta Mitra, SMA N 1 Toroh, SMA N 1 Grobogan, dan SMK N 1 Purwodadi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti membuka acara sekaligus menyambut baik calon anggota Saka Adhyasta Pemilu di Bawaslu Kabupaten Grobogan. Ke depannya anggota Saka Adhyasta akan dibentuk krida sesuai dengan minat masing-masing.

Sementara itu, Kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Sakta Abaway Sakan dalam paparan materinya, menyampaikan mengenai salah satu kewajiban Bawaslu adalah mengembangkan pengawasan partisipatif dan salah satunya adalah pembentukan Saka Adhyasta Pemilu.

“Kami mengapresiasi kesediaan calon anggota untuk hadir dan bersama-sana mengembangkan Saka Adhyasta Pemilu. Jika dalam kesempatan ini disampaikan gambaran umum mengenai apa itu Bawaslu dan apa itu Saka Adhyasta. Nantinya akan disampaikan materi-materi yg lebih mendalam dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai apa itu pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran”, tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Kwarcab Grobogan 11.15 yang diwakili Luthfil Hakim juga turut hadir.

Ia menyampaikan bahwa, “Pada pertemuan yang pertama ini semoga ke depan Saka Adhyasta dapat memberikan manfaat terutama bagi generasi muda. Adik-adik akan diperkenalkan mengenai Saka Adhyasta. Sebagai generasi muda, Saka berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat dalam pengawasan dan pencegahan penindakan dan pelanggaran Pemilu”, katanya.

Harapannya, Saka Adhyasta ini bisa berkembang dan memiliki kontribusi nyata dalam pelaksanaan Pemilu/Pemilihan ke depannya.

Tag
Berita