Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sampaikan Hasil Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih di Radio

Purwodadi - Bawaslu Grobogan menyampaikan publikasi pengawasan pemutakhiran daftar pemilih melalui talkshow di Radio Thomson Purwodadi, Rabu (14/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber yakni Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti bersama penyiar Huda Pahlevi. Sedangkan tema yang disampaikan dalam talkshow tersebut mengenai Mengawal Hak Pilih Sampai Hari Pemungutan Suara.

Fitria menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih ini. Mulai dari pencegahan, pengawasan, saran perbaikan hingga publikasi hasil kinerja.

"Bahwa dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih, Bawaslu Grobogan bersama jajaran pengawas di tingkat kecamatan hingga kelurahan/desa melakukan pencegahan, pengawasan, hingga publikasi terkait dengan tahapan pemutakhiran daftar pemilih," jelas Fitri.

"Upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu Grobogan di antaranya adalah menyampaikan imbauan dan saran perbaikan ataupun hasil pengawasan kepada penyelenggara teknis, koordinasi dengan stakeholder dan jajaran pengawas pemilu kecamatan hingga kelurahan/desa, membuka posko aduan pemutakhiran daftar pemilih, kegiatan patroli dan publikasi pengawasan," tambah Fitri.

Sebagai informasi, Daftar Pemilih Tetap telah tetapkan oleh KPU Kabupaten Grobogan tanggal 21 Juni 2023 dengan jumlah pemilih 1.125.968, yang meliputi jumlah pemilih Perempuan 560.536 dan jumlah pemilih laki-laki 565.432.

Pada tahapan pemeliharaan DPT ini, Bawaslu Grobogan, masih membuka laporan/aduan/masukan/tanggapan masyarakat jika ada pemilih yang Memenuhi Syarat akan tetapi belum terdaftar dalam daftar pemilih. pemilih Tidak Memenuhi Syarat, kan tetapi masih masuk ke dalam daftar pemilih atau alih status TNI/Polri. laporan tersebut dapat disampaikan secara langsung ke kantor Bawaslu Grobogan atau melalui link bit.ly/LaporMasluganMutarlih2024.

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita