Lompat ke isi utama

Berita

Demi Pemilu Jujur, Bawaslu Grobogan Adakan Bimtek Saksi

-

Peserta yang hadir sedang memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber

Purwodadi - Bawaslu Grobogan menyelenggarakan perwakilan saksi peserta pemilu, Kamis (8/2/2024). Kegiatan ini diselenggarakan menjadi dua panel di Grand Master Hotel Purwodadi.

Rencananya bimbingan teknis saksi akan dilangsungkan selama dua hari, yaitu 8 s/d 9 Februari 2024 di lokasi yang sama. Bawaslu Grobogan menghadirkan perwakilan dari partai politik masing masing 20 orang, tim pemenangan paslon dan tim DPD.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menyampaikan kesuksesan pemilu tidak bergantung hanya pada penyelenggara.

"Pemungutan suara tahun 2024 kurang beberapa hari lagi. 14 Februari 2024 menjadi klimaks pemilu. Tentu kesuksesan pemilu tidak bergantung pada penyelenggara," jelas Fitri.

Ia pun menjelaskan saksi mempunyai peran yang penting dalam pemilu.

"Dalam pemilu saksi memiliki peran yang sangat penting dalam pemungutan dan penghitungan suara. Apakah teman-teman bisa menghadirkan saksi atau tidak?. Kami  harap seluruh TPS ada saksinya, kurang lebih ada 4.657 saksi yang harus disiapkan," imbuhnya.

-
Fitria Nita Witanti (Ketua) Bawaslu grobogan saat sambutan

Narasumber yang bertugas hari pertama adalah dari pimpinan KPU Grobogan dan pegiat pemilu.

Narasumber bimtek adalah anggota KPU Grobogan yaitu Suwiknyo dan Saifuddin. Narasumber dari KPU berbicara mengenai substansi pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi pemilu serentak tahun 2023.

Sedangkan narasumber dari pegiat pemilu, Sakta Abaway Sakan berbicara mengenai penguatan kapasitas dan manajemen saksi.

"Tujuan pengawalan saksi adalah untuk memantau proses pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan ketentuan, menjamin proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan jujur dan adil," jelas Sakta.

-
peserta sedang memperhatikan materi yang disampaikan narasumber

Penulis : Alif