Lompat ke isi utama

Berita

Fitria: Partisipasi Masyarakat Bukan Hanya Soal Menyoblos Melainkan Bagaimana Mengawal Suara

Purwodadi - Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti. mengajak seluruh masyarakat yang tergabung dalam kegiatan Sosialisasi Pemilihan Umum Kepada Masyarakat untuk aktif berpartisipasi pada Pemilu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Grobogan, Rabu 20 September 2023 di Balai Desa Kelurahan Grobogan.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni hadir secara langsung dan membuka acara secara resmi. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Grobogan, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan perempuan dan pemuda setempat.

Dalam penyampaian materinya Fitria menjelaskan mengenai urgensi masyarakat dalam pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Partisipasi bukan hanya soal “mencoblos” tapi bagaimana mengawal suara yang sudah diberikan tidak disalahgunakan, sehingga harapan kami masyarakat turut aktif dalam pelaksanaan Pemilu 2024,” Kata Fitri

"Selain itu, jika Ibu/Bapak melihak dugaan pelanggaran di lapangan silakan dapat menyampaikan laporan ke Bawaslu. Kantor kami ada di Jl. Pierre Tendean No. 26 Purwodadi,” tambah Fitri.

Fitria juga menjelaskan jika tidak ada pengawasan dalam Pemilu maupun pemilihan maka akan terjadi beberapa hal di antaranya manipulasi data, hilangnya hak pilih, politik uang, pemilu tidak sesuai aturan atau timbul gugatan/sengketa, biaya politik mahal, pemungutan suara ulang, konflik antar pendukung calon dan lain-lain.

Selain dari Bawaslu Grobogan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan KPU Grobogan juga menyampaikan materi pada sosialisasi ini.

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita