Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Grobogan Spill Potensi Kerawanan Kampanye dan Pungut Hitung Suara

-

Fitria Nita Witanti (Ketua) Bawaslu grobogan saat memberikan materi kepada peserta

Purwodadi - Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti menyampaikan potensi-potensi pelanggaran pada Pemilu 2024 dalam bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara yang diselenggarakan KPU Kabupaten Grobogan, Selasa (22/1/2024).

Fitria juga menyampaikan peta potensi kerawanan yang muncul pada kampanye.

"Potensi kerawanan Pemilu di Kabupaten Grobogan telah dipetakan oleh Bawaslu Grobogan. Di antaranya potensi sengketa antar peserta pemilu yang terjadi pada tahapan kampanye. Selain itu potensi kerawanan pada pemungutan suara dan juga telah dipetakan oleh Bawaslu Grobogan karena hal ini bisa bermuara pada perselisihan hasil pemilihan umum," tutur Fitria.

Soal potensi kerawanan Pemilu, Fitria mengingatkan ke peserta bimbingan teknis, posisi Indeks kerawanan Pemilu (IKP) 2024 Kabupaten Grobogan.

"Kabupaten Grobogan mendapatkan skor IKP 22,892, yang terdiri dari 13,93 konteks sosial politik, 43,88 penyelenggaraan Pemilu, 9,82 kontestasi dan 0 partisipasi," imbuh Fitria.

Respons dari potensi kerawanan tersebut, Fitria berpesan kepada sesama penyelenggara hingga tingkat desa untuk bersama-sama saling mengingatkan dengan peraturan yang berlaku.

Penulis :  Alif