Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Monev Seleksi Pembentukan Panwaslu Kecamatan

Purwodadi - Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Amin dan Gugus Risdaryanto melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke Bawaslu Kabupaten Grobogan, Senin (31/10/2022). Monev. Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga didampingi oleh staf sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan monev Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yaitu evaluasi pelaksanaan seleksi pembentukan Panwaslu kecamatan di Kabupaten Grobogan. Monev tersebut diterima langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Grobogan di aula setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang telah hadir dalam monev pada kesempatan kali ini.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Bapak Muhammad Amin dan Bapak Gugus Risdaryanto selaku Anggota sekaligus Kordiv. Sumber Daya Manusia dan Organisasi atas kehadirannya pada monev di Bawaslu Kabupaten Grobogan. Kami siap menerima arahan dari pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dalam menjalankan tugas, terangnya.

Sementara itu, dalam arahannya Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menerangkan atas terselesaikannya hajat besar Bawaslu dalam perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan di Grobogan.

“Kita sudah menyelesaikan satu tahapan besar, yaitu proses perekrutan Panwaslu Kecamatan. Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Dinamika yang muncul pun berbeda dengan perekrutan di tahun 2019 lalu. Selanjutnya, rencana kami akan selalu road show ke Bawaslu Kabupaten/Kota agar semua berjalan dengan baik,” terangnya.

“Kemudian mengenai kelembagaan, dan Sunber Daya Manusia (SDM). Saatnya penguatan SDM kita perekat. Kita tahu tugas -tugas di Bawaslu sangat berat. Sehingga kita harus bersiap diri. Terkait dengan sisi kelembagaan kita untuk lebih proaktif ke RI untuk mendorong menjadi unit kerja mandiri,” tambahnya.

Di akhir sesi Gugus Risdiyanto memberikan arahan terkait perekrutan Panwaslu Kecamatan dan pola hubungan Bawaslu.

Kordiv.Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Gugus Risdaryanto, saat memberikan arahan, Senin (31/10/2022).

“Pada perekrutan Panwaslu Kecamatan, ada beberapa kabupaten yang ada masalah. Namun, ini merupakan suatu dinamika yang perlu kita cermati. Kemudian mengenai pola hubungan saat ini. Tidak ada divisi yang dominan, sehingga kerjasama menjadi yang paling efektif. Sehingga saya pesan ke pak Korsek kerahkan staf dimana dibutuhkan,” tegasnya.

Sebagai informasi pelantikan Panwaslu Kecamatan di Grobogan telah dilaksanakan hari Jumat, 25 Oktober 2022 di ball room Firdaus Hotel Grand Master Purwodadi.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita