Lompat ke isi utama

Berita

Membangun Sinergitas dalam menciptakan Pemilu yang Aman dan Damai

Purwodadi - Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menghadiri kegiatan pengarahan dan pembekalan kepada 6 pilar, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan di Front One Hotel Purwodadi secara daring yang terhubung dengan kegiatan yang tersentral di Polda Jawa Tengah.

Perlu diketahui acara ini diikuti oleh Bupati Grobogan, Dandim 0717 Grobogan beserta Danramil dan Babinsa, Ketua KPU Kabupaten Grobogan, Kepala Kantor Kesbangpol Grobogan, Kapolsek dan Camat Se- Grobogan.

Sebagai informasi kegiatan ini diikuti oleh 23.585 peserta, yang terdiri dari 1.292 hadir secara luring di Hall Convention Center Masjid Agung Jawa Tengah, 22.338 daring dari Polres Kabupaten/Kota setempat se Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfi menyampaikan kegiatan ini untuk mendukung agenda nasional dalam mendukung Pemilu yang aman dan transparan.

"Tujuan kegiatan ini adalah wujud kepedulian Polri dalam mencegah kerawanan pemilu yang aman dan damai. Sehingga dalam menyambut agenda nasional kami mendukung agar Pemilu terselenggara dengan aman dan transparan," jelas Lutfi.

Kegiatan dibuka langsung oleh PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. Ia menyampaikan agar seluruh peserta sinergitas 6 pilar ini mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 dengan aman dan damai.

"Perlu diperhatikan dengan seksama baik Babinmas dan Babinkamtimbas dengan Kapolres dan Kapolsek kemudian Danramil serta Camat. Agar mengkoordinasikan betul, sehingga menjadi atensi bahwa pesta demokrasi harus kita siapkan matang-matang," tegas Nana Sudjana.

Nana Sudjana menyampaikan sampaikan perlu adanya kampanye damai. Forkopimda Provinsi dengan Kapolres, KPU, Bawaslu ke depan akan mengecek, bila perlu satu per satu dari kabupaten-kabupaten bagaimana persiapan semua. Pengecekan ini sekaligus menguji bagaimana soliditas sinergitas serta kolaborasi di masing-masing Kabupaten sampai tingkat kecamatan dan desa.

Sementara itu, Fitria Nita Witanti ditemui disela kesibukannya menyampaikan Bawaslu Grobogan menghadiri acara ini sekaligus menjalin sinergitas dalam menyongsong Pemilu serentak 2024.

"Meski menjadi peserta dalam kegiatan ini, ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan pada kerawanan Pemilu 2024 dalam munculnya hoax dan politik identitas. Sebagaimana disampaikan oleh Kapolda Jateng tadi bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan Pemilu 2024," tutur Fitria.

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita