Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Desa Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Kunjungan Kerja ke Grobogan

Purwodadi - Dalam rangka mengoptimalkan Desa Pengawasan dan Desa Anti Politik Uang, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kunjungan kerja ke Grobogan, Rabu (26/9/2023).

Ada dua staf pengawasan yang bertugas, yakni Wanda Sigit Setiawan dan Shohibus Tsani. Mereka memastikan baik kondisi, komunikasi dan output dari Desa Pengawasan di Kabupaten/Kota masih optimal.

Bawaslu Grobogan memberikan salah satu sampel kepada Bawaslu Provinsi Jateng untuk dikunjungi secara langsung. Desa tersebut yakni Anggaswangi yang merupakan salah satu Desa Pengawasan rintisan Bawaslu Grobogan di tahun 2021.

Kordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Grobogan, Moh. Syahirul Alim yang mendampingi kunjungan kerja ini menyampaikan ada puluhan desa Pengawasan/Anti Politik Uang binaan Bawaslu Grobogan.

“Sejak tahun 2019 hingga saat ini sudah ada 16 desa Pengawasan/Politik Uang binaan Bawaslu Grobogan. Salah satunya di Desa Anggaswangi. Desa  ini merupakan Desa Pengawasan yang kita bina pada tahun 2021,” jelas Irul.

“Pembentukan Desa Pengawasan ini senada dengan ketentuan dalam Pasal 104 huruf f Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyebutkan, "Bawaslu Kabupaten/Kota berkewajiban mengembangkan pengawasan Pemilu partisipatif,” tambah Irul.

Sementara itu, saat di Desa Anggaswangi tim Bawaslu diterima langsung oleh Kepala Desa Anggaswangi, Sukoco. Ia menyambut baik kehadiran Bawaslu di desanya. Pihaknya pun juga menyampaikan agar Bawaslu intens berkomunikasi dalam hal tindak lanjut desa pengawasan.

Tag
Bawaslu Grobogan
Berita