Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran Parpol Berakhir, Bawaslu Lanjutkan Pengawasan Vermin

Grobogan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan melakukan pengawasan pada tahapan verifikasi administrasi (vermin) partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2024, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022).

Tim yang melakukan pengawasan di hari kedua vermin adalah Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti, bersama anggota Moh. Syahirul Alim, dan tiga orang staf yakni Alif Adibatul Lathifah, Esti Dwi Puspitasari dan Yudhi Atmaja.

Dari hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Grobogan bahwa KPU Kabupaten Grobogan telah menerima akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tanggal 16 Agustus 2022.

Namun, saat tim berada di KPU Kabupaten Grobogan, akun Sipol server down. Akan tetapi, KPU tetap melakukan verifikasi administrasi secara manual.

Komisioner KPU Kabupaten Grobogan sekaligus Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suwiknyo menyampaikan, KPU Kabupaten Grobogan akan melakukan vermin 24 partai politik yang telah lolos pendaftaran dan berkasnya dinyatakan lengkap.

“Pagi ini Sipol baru down, tetapi biasanya tidak lama akan kembali normal. Sementara kita verifikasi secara manual,” katanya.

Suasana saat pengawasan di KPU Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti, saat pengawasan menyampaikan pihaknya akan terus mengawal tahapan verifikasi administrasi sebagaimana jadwal yang ada di Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2022.

“Verifikasi administrasi ini untuk memastikan terhadap beberapa hal, antara lain: potensi kegandaan di dalam satu partai politik, potensi kegandaan antar partai politik, dan anggota yang tidak memenuhi syarat,” tuturnya.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita