Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Verifikasi Administrasi Perbaikan, Bawaslu Kabupaten Grobogan Sampaikan Pencegahan

Grobogan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan melalui Kordiv. Penyelesaian Sengketa, Moh. Syahirul Alim, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Verifikasi Administrasi Perbaikan Keanggotaan Partai Politik Pemilu 2024, Senin (19/9/2022).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan di Rumah Kedelai Grobogan, Jalan Purwodadi-Solo KM 5 Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh.

Selain dari Bawaslu Kabupaten Grobogan, KPU juga mengundang 24 partai politik setempat. Tujuan dari kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan KPU Kabupaten Grobogan dalam masa perbaikan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Moh. Syahirul Alim, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Bawaslu Kabupaten Grobogan pada tahapan ini terus melakukan pencegahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pelanggaran dan potensi sengketa.

“Dalam tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik sub tahapan perbaikan penyampaian dokumen persyaratan oleh partai politik, Bawaslu Kabupaten Grobogan melakukan pencegahan dengan mengimbau agar partai politik memperhatikan waktu yang telah ditentukan dalam perbaikan keanggotaan,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Grobogan, Ngatiman, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal. Di antaranya KPU Kabupaten Grobogan telah menyelesaikan verifikasi administrasi keanggotaan 24 partai politik dan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik kepada KPU Provinsi Jawa Tengah pada 10 September 2022.

Dari 24 partai politik yang diundang pada kegiatan tersebut, ada lima partai politik yang tidak bisa hadir. Kelima partai politik tersebut adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Republiku Indonesia (Republiku), Partai Republik Satu, Partai Republik, dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo).

Sebagai informasi, masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh partai politik berlangsung mulai Kamis, 15 September 2022 hingga Rabu, 28 September 2022.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita