Lompat ke isi utama

Berita

Ratusan Pengawas Desa Dilantik

Purwodadi - Panwaslu Kecamatan melantik Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa di Grobogan, Minggu (5/2/2023). Pelantikan dilaksanakan di Panwalsu Kecamatan setempat.

Ada sepuluh kecamatan di Grobogan yang dilantik hari ini (5/2), yaitu Kecamatan Tawangharjo, Ngaringan, Toroh, Karangrayung, Kradenan, Pulokulon, Penawangan, Godong, Gubug dan Tegowanu. Sembilan kecamatan lainnya, akan dilantik Senin, 6 Februari 2023. Kegiatan pelantikan ini juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun.

Saat menghadiri pelantikan Panwaslu Kelurahan/ Desa di Kecamatan Gubug, ia menyampaikan bahwa Panwaslu Desa bukan jajaran terendah dalam tingkatan pengawas pemilu melainkan garda terdepan pengawasan pemilu. Kolaborasi dan kooordinasi segera dilakukan, mengingat tahapan kita sudah berjalan dan paling dekat adalah verifikasi faktual dukungan perseorangan calon anggota DPD disambung nanti adanya pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih. Maka perkuat sinergi dan kolaborasi serta tentunya mengedepankan integritas yang kita miliki.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun saat memberikan arahan, Minggu (5/2/2023).

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti, ditemui disela menghadiri pelantikan menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh Anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa terlantik.

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa terlantik hari ini, selamat bergabung dan segera dapat menyesuaikan tugas-tugas pengawasan,” jelasnya.

“Pesan saya selanjutnya agar teman-teman Panwaslu Kelurahan/Desa tegak lurus, secara hirarki di kecamatan. Silakan mengikuti instruksi apa yang telah disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan. Hormati dan hargai pimpinan di Panwaslu Kecamatan dan di atasnya,” tambahnya.

Selanjutnya Fitria juga berpesan agar selalu berkoordinasi dengan stakeholder.

“Tetap melakukan koordinasi, sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder. Kesuksesan Pemilu bukan bergantung pada penyelenggara pemilu melainkan seluruh stakeholder yang terlibat. Terkhusus tugas terpenting adalah meningkatkan pengawasan partisipatif. Sehingga Pemilu 2024, partisipasi pemilu meningkat,” tambahnya lagi. (2-p2h)

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita