Lompat ke isi utama

Berita

Samakan Persepsi dalam Rekapitulasi Kecamatan Bawaslu Undang Panwaslu Kecamatan

-

Moh. Syahirul Alim(Anggota) Bawaslu Grobogan saat menjelaskan terkait dengan persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Purwodadi - Bawaslu Grobogan menyelenggarakan Rapat Penanganan Pelanggaran, Jumat (16/2/2024). Kegiatan ini dilangsungkan di aula Bawaslu Grobogan dengan menghadirkan Panwaslu Kecamatan Kordiv. Hukum, Pencegahan Parmas dan Humas serta Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa se-Kabupaten Grobogan.

Anggota Bawaslu Grobogan, Moh. Syahirul Alim menjelaskan terkait dengan persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh Panwaslu Kecamatan yang kemarin sudah mengawal jalannya pemungutan suara. Berkaitan dengan PSU, ada beberapa persiapan yang perlu kita siapkan. Begitu juga ketika ada gugatan di Mahkamah Konstitusi," jelas Irul.

Selanjutnya Anggota Bawaslu Grobogan, Agus Purnama agar kita pantau terus perkembangan dan pergeseran surat suara dan persiapan rekapitulasi.

"Tahapan terus berjalan, teman-teman silakan tetap jaga kesehatan. Mengingat kemarin ada sedikit kecelakaan kecil di teman-teman kecamatan. Ada kejadian yang suami-istri sesama penyelenggara nanti dapat dikroscek, yang satu sudah mengundurkan diri atau belum," papar Agus.

Penjelasan semakin komprehensif ditambah saat Anggota Bawaslu Grobogan D. AriHartanta.

Ia  menjelaskan terkait dengan waktu yang singkat ini agar teman- Panwaslu Kecamatan mengatur dengan baik.

“Kami di sini selaku PIC pengawasan rekapitulasi divisi pp datin dan p2h, karena waktunya singkat,” Tukas Ari.

Sementara itu Anggota Bawaslu Grobogan, Amal Nur Ngazis menjelaskan agar Panwaslu Kecamatan kroscek data-data hasil pengawasan pemungutan suara.

"Ini cukup penting karena ini identifikasi masalah terkait persiapan kita ketika ada permasalahan di belakang. Data bisa valid, waktu ada persoalan sengketa kita punya data yang kuat. C salinan pastikan kembali cek ricek sesuai datanya sehingga bisa diantisipasi sejak dini," tegas Amal

-
Peserta yang hadir memperhatikan arahan yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti

Arahan Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menyamakan kegiatan ini merupakan wujud menyamakan persepsi sebelum rekapitulasi tingkat kecamatan.

"Berkaitan dengan undangan ini tadi malam kami sampaikan. Hasil Koordinasi dengan KPU Grobogan terkait jadwal rekapitulasi di tingkat kecamatan. Untuk kesiapan berkaitan dengan rekap, kami undang teman-teman hari ini untuk samakan persepsi. Silakan nanti bisa didiskusikan juga terkait dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di daerah masing-masing," tutur Fitria.

Penulis : Alif