Lompat ke isi utama

Berita

Selangkah menggandeng Universitas dalam pengawasan partisipartif

Grobogan - Jum’at 29 Oktober 2021 Bawaslu Kabupaten Grobogan melakukan audiensi dengan Universitas An Nuur (UNAN) Purwodadi. Audiensi ini diterima oleh Dekan Fakultas Humaniora UNAN Sri Martono, S.E, M.M bersama dengan Ketua Program Studi S1 Manajemen Winarsih, S.E, M.M dan Ketua Program Studi S1 Bahasa Inggris Zaenul Wafa, M.Pd

Dalam kesempatan ini Fitria Nita Witanti, M.SI selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan Bawaslu menyampaikan bahwa maksud dari kunjungan adalah menggandeng Universitas An Nuur menjadi bagian dalam pengawasan partisipatif.

Fitria menyampaikan bahwa, “Sejak tahun 2018 pengawas pemilu di tingkat Kabupaten telah ditetapkan menjadi badan permanen, maka dari itu Bawaslu Kabupaten Grobogan diamanahi untuk mengembangkan pengawasan partisipatif. Salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Grobogan untuk bersama-sama menjadi pengawas partisipatif. Besar harapan kami di tahun 2021 bisa bekerjasama Universitas An Nuur”.

Sementara itu Sri Martono selaku perwakilan UNAN menerima dengan hangat audiensi dari Bawaslu Kabupaten Grobogan dan menyampaikan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri UNAN dikunjungi oleh Bawaslu Kabupaten Grobogan, serta bersedia nantinya jika ada kerja sama antara UNAN dan Bawaslu dalam rangka pengawasan partisipatif.

“Kami terbuka, jika memang kami diminta untuk mendarmabaktikan apa yang kami bisa tentunya kami selalu bersedia karena memang itu menjadi tugas kami dalam rangka mengabdikan diri kepada masyarakat, termasuk di dalamnya dalam demokrasi. Jika nantinya ada kerjasama baik yang bersifat institusional ataupun personal yang bertujuan untuk mendarmabaktikan maka lakukan”, tegasnya.

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa kesuksesan pemilu tidak hanya bergantung dengan penyelenggara saja akan tetapi tentunya seluruh komponen termasuk di dalamnya perguruan tinggi khususnya di Kabupaten Grobogan. Harapannya nanti setelah adanya kerjasama/MoU maka mahasiswa dapat secara aktif ikut mengawasi jalannya pemilu maupun pemilihan, serta tidak menutup kemungkinan jika Bawaslu Kabupaten Grobogan diberikan kesempatan untuk mengisi pendidikan politik dalam stadium general yang di laksanakan di UNAN.

Pada akhir audiensi dicapai kesepakatan bahwa Bawaslu Kabupaten Grobogan dan UNAN akan melaksanakan MoU yang akan dikomunikasikan lebih lanjut. Audiensi ditutup dengan foto bersama Bawaslu Kabupaten Grobogan dengan Perwakilan UNAN.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita