Lompat ke isi utama

Berita

Teguhkan Integritas, Bawaslu Kabupaten Grobogan Gelar Webinar Pojok Pengawasan

Grobogan - Dalam rangka mencegah potensi pelanggaran Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Grobogan menggelar webinar pojok pengawasan, Kamis (8/9/2022).

Webinar ini mengambil tema Meningkatkan Integritas Penyelenggara dalam Mencegah Pelanggaran Pemilu 2024. Acara yang disiarkan secara virtual ini mengundang narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Ada dua narasumber dalam kegiatan ini. Mereka adalah Anggota DKPP Periode 2017-2022, Dr. Ida Budhiati, S.H., M.H dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun, S.Ag, M.Pd. Acara dipandu langsung oleh moderator, Moh. Syahirul Alim, M.H.

Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan, Fitria Nita Witanti dalam sambutannya menyampaikan acara webinar ini merupakan salah satu ikhtiar Bawaslu Kabupaten Grobogan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Salah satu amanah kepada lembaga Bawaslu kabupaten/kota dalam Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu. Maka dalam menjalankan tugas konstitusional ini, upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu terus dilakukan. Partisipasi masyarakat ini penting", tuturnya.

"Kepercayaan publik terhadap Pemilu bergantung pada integritas Penyelenggara Pemilu yang kompeten dengan kebebasan penuh dalam bertindak untuk menyelenggarakan Pemilu yang transparan dan akuntabel," tambahnya.

Sementara itu, Dr. Ida Budhiati, S.H., M.H menyampaikan mengenai bagaimana meneguhkan integritas penyelenggara Pemilu dalam Pemilu 2024.

"Dalam mencapai proses dan hasil Pemilu yang berkualitas, bisa diwujudkan salah satunya dengan cara membangun sistem integritas Pemilu. Integritas Pemilu mensyaratkan kepastian hukum, penyelenggara independen dan profesional, menjaga otentitas suara rakyat, peserta Pemilu taat regulasi, partisipasi masyarakat dan penegakkan hukum," jelasnya.

Selanjutnya, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun, S.Ag, M.Pd dalam paparan materinya menyampaikan bagaimana Bawaslu harus menjadi lembaga yang profesional.

Peserta webinar pojok pengawasan Bawaslu Kabupaten Grobogan, Kamis (8/9/2022).

"Saya mengapresiasi forum yang digagas oleh rekan-rekan Bawaslu Kabupaten Grobogan yang mengambil tema Integritas Penyelenggara dalam Mencegah Pelanggaran Pemilu 2024. Bicara soal integritas, pertama kali masuknya rekrutmen penyelenggara di jajaran kita. Kalau ingin output yang keluar baik dan berkualitas, jadi prosesnya juga harus baik," ucapnya.

"Selain itu, kita juga harus menjaga merawat dan mengukuhkan komitemen integritas. Profesional itu memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi, dan apa seharusnya dilakukan dalam tugas jabatan. Memahami aturan, memberikan solusi atas poblem teknis yang mungkin belum terwadahi dengan aturan aturan hukum," tambahnya.

Antusias peserta webinar sangat nampak saat ruang diskusi dibuka. Beberapa pertanyaan pun muncul yang ditujukan ke dua narasumber tersebut. Pertanyaannya pun beragam, mulai dari bagaimana mewujudkan integritas penyelenggara Pemilu hingga kapan dibukanya rekrutmen pendaftaran pengawas ad hoc.

Tag
Bawaslu Grobogan
Bawaslu Jateng
Berita